Profil Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
- PENDIDIK MADYA BAHASA INDONESIA
Memiliki kemampuan dalam (1) mendesain kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) merancang program Pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) merancang strategi dan teknik pembelajaran Bahasa, (4) melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia, (5) menyusun perangkat penilaian proses dan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik, dan (6) melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik untuk jenjang Pendidikan Menengah dan Strata Satu pada semua jenis pendidikan. - PENGEMBANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Memiliki kemampuan dalam (1) mengembangkan Kurikulum Bahasa Indonesia yang bertujuan, (2) menyusun silabus pembelajaran Bahasa, (3) menyusun rancangan program pembelajaran (RPP) pengajaran Bahasa Indonesia, (4) menyu- sun model-model pembelajaran Bahasa Indonesia, (5) menyusun bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia, (6) menyusun media pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertujuan meningkatkan kompetensi kebahasaan dan keterampilan berbahasa peserta didik untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dan Strata Satu pada semua jenis pendidikan. - PENELITI MADYA BAHASA INDONESIAMemiliki kemampuan dalam (1) menyusun rancangan, dan melaksanakan penelitian kualitatif dalam bidang kompetensi pedagogik dan bidang kompetensi profesionalm (2) menyusun rancangan dan melaksanakan penelitian kuantitatif dalam bidang kompetensi pedagogik dan kompetensi professional, (3) menyusun rancangan dan melaksanakan penelitian pengembangan dalam bidang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
- AHLI BAHASA
Menguasai (1) ilmu linguistik lanjut, (2) teori kewacanaan dan pragmatik serta terampil menerapkan dalam aspek keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, (4) teori interdisipliner sosiolinguistik dan psikolinguistik dan penerapannya dalam penggunaan Bahasa Indonesia lisan dan Bahasa Indonesia tulis, (3) teori pemerolehan bahasa dan penerapannya dalam pengajaran Bahasa Indonesia, (4) konsep filsafat bahasa dan penerapannya dalam penggunaan Bahasa Indonesia, dan (5) teori kesastraan.