S2 Pendidikan Bahasa Indonesia: Unggul di Bidang Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Berbasis Multimedia dan Karakter Keindonesiaan

Profil Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

  • PENDIDIK MADYA  BAHASA INDONESIA
    Memiliki kemampuan dalam (1) mendesain kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) merancang program Pembelajaran Bahasa  Indonesia, (3) merancang strategi dan teknik  pembelajaran Bahasa, (4) melaksanakan  pembelajaran Bahasa Indonesia, (5) menyusun  perangkat penilaian proses dan hasil belajar  bahasa Indonesia peserta didik, dan (6)  melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar  Bahasa Indonesia peserta didik untuk jenjang  Pendidikan Menengah dan Strata Satu pada  semua jenis pendidikan.
  • PENGEMBANG  PEMBELAJARAN  BAHASA INDONESIA
    Memiliki kemampuan dalam (1) mengembangkan Kurikulum Bahasa Indonesia yang bertujuan, (2) menyusun silabus pembelajaran Bahasa, (3)  menyusun rancangan program pembelajaran  (RPP) pengajaran Bahasa Indonesia, (4) menyu-  sun model-model pembelajaran Bahasa  Indonesia, (5) menyusun bahan ajar  pembelajaran Bahasa Indonesia, (6) menyusun  media pembelajaran Bahasa Indonesia yang  bertujuan meningkatkan kompetensi kebahasaan  dan keterampilan berbahasa peserta didik untuk  jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dan  Strata Satu pada semua jenis pendidikan.
  • PENELITI MADYA  BAHASA INDONESIAMemiliki kemampuan dalam (1) menyusun rancangan, dan melaksanakan penelitian kualitatif dalam bidang kompetensi pedagogik  dan bidang kompetensi profesionalm (2)  menyusun rancangan dan melaksanakan  penelitian kuantitatif dalam bidang kompetensi  pedagogik dan kompetensi professional, (3)  menyusun rancangan dan melaksanakan  penelitian pengembangan dalam bidang  kompetensi pedagogik dan kompetensi  profesional.
  • AHLI BAHASA
    Menguasai (1) ilmu linguistik lanjut, (2) teori kewacanaan dan pragmatik serta terampil menerapkan dalam aspek keterampilan  menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, (4) teori interdisipliner sosiolinguistik dan  psikolinguistik dan penerapannya dalam  penggunaan Bahasa Indonesia lisan dan Bahasa  Indonesia tulis, (3) teori pemerolehan bahasa dan  penerapannya dalam pengajaran Bahasa  Indonesia, (4) konsep filsafat bahasa dan  penerapannya dalam penggunaan Bahasa  Indonesia, dan (5) teori kesastraan.